mesin-ro-400-gpd-rakitan

Air Minum RO

Air Minum RO | Semua orang pasti menggunakan air baik untuk dikonsumsi maupun untuk kegiatan sehari-hari. Tanpa air semua makhluk hidup tidak akan bertahan hidup, karena air merupakan komponen yang penting bagi tubuh.

Air memiliki banyak manfaat bagi semua makhluk hidup, terutama manusia. Yaitu untuk dikonsumsi, untuk aktivitas sehari-hari, memperlancar sistem pencernaan tubuh, mendorong racun yang ada di dalam tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, menstabilkan konsentrasi, menjaga kulit, dan lain-lain.

Apakah Air RO.?

Pengertian dan perbedaan air RO, air mineral dan air isi ulang.

Saat ini pengelolaan air minum sangat banyak sekali. Ada yang cara tradisional dan modern. Untuk cara tradisional dengan cara dimasak. Sedangkan cara yang lebih modern dengan melakukan penyaringan atau filtrasi. Sekarang ini cara memasak air sendiri sudah mulai ditinggalkan. Karena selain kurang praktis juga kandungan mineral yang ada tetap tidak dapat dikurangi atau dihilangkan.

Untuk itu kita akan bahas beberapa macam air minum yang ada dalam masyarakat kita yang digunakan untuk konsumsi sehari-hari.

Beberapa macam air tersebut adalah : Air Mineral, Air RO, Air isi ulang.

Sebagai acuan untuk membedakan ketiga air tersebut adalah dari proses pengolahan dan besaran TDS (padatan terlarut total). Pengukuran TDS dapat menggunakan alat TDS meter. Anda dapat mengetahui TDS dari air mineral, air RO, dan air isi ulang.

Pengertian Air Mineral.

Pengolahan air mineral memakai treatment filtrasi, ultra filtrasi, lalu ultraviolet. Pada proses treatment dilakukan untuk tahap awal, proses ultra filtrasi dilakukan untuk memperoleh air minum yang baik, pada proses ultraviolet dilakukan untuk membunuh kuman yang ada pada air.

Air mineral merupakan minuman yang mengandung mineral. Jenis mineral ada dua yaitu mineral organik dan mineral non-organik.

Mineral organik lebih bagus untuk dikonsumsi daripada mineral non-organik. Karena apabila terlalu banyak mengkonsumsi air yang mengandung mineral non-organik maka akan menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh kandungan mineral non-organik yang mengendap di dalam tubuh.

Seperti terkena penyakit katarak yang disebabkan oleh mineral non-organik yang mengendap di bagian mata.

Biasanya TDS pada air mineral yaitu berkisar antara 40 ppm sampai 500 ppm.

Air Isi Ulang

Proses pengolahan air isi ulang hampir sama dengan air mineral, dengan menggunakan filtrasi. Namun perbedaan dilakukan secara industri dan rumah tangga.

Air isi ulang yang baik yaitu menggunakan air yang baku yang baik, menggunakan sistem filter yang baik, mengunakan ultraviolet yang baik. Apabila pemilik tempat isi ulang air kurang bertanggung jawab maka air minum akan diragukan apakah air minum tersebut layak di konsumsi atau tidak.

Dari uraian di atas, air mineral, air RO, air isi ulang akan menghasilkan air yang baik untuk dikonsumsi apabila dilakukan proses secara benar.

Namun air RO mempunyai kelebihan yang diproses menggunakan mesin RO di mana sistem penyaringan reverse osmosis melalui membran semipermeabel dengan besaran 0,0001 mikron dapat menghilangkan sampai 90% padatan terlarut total (TDS).

Sehingga dapat menyediakan air murni yang bebas bakteri, parasit dan mineral berbahaya sehingga baik untuk kebutuhan anda.

Air RO.

RO adalah singkatan dari Reverse Osmosis. Reverse osmosis adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mengolah air baku menjadi air minum RO.

Menurut wikipediaReverse osmosis (Osmosis terbalik) atau RO adalah suatu metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi (lapisan penyaring).

Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya. Membran seleksi itu harus bersifat selektif atau bisa memilah yang artinya bisa dilewati zat pelarutnya (atau bagian lebih kecil dari larutan) tetapi tidak bisa dilewati zat terlarut seperti molekul berukuran besar dan ion-ion.

Apakah Osmosis itu.?

Osmosis adalah sebuah fenomena alam yang terjadi dalam sel makhluk hidup dimana molekul pelarut (biasanya air) akan mengalir dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah berkonsentrasi tinggi melalui sebuah membran semipermeabel.

Membran semipermeabel ini menunjuk ke membran sel atau membran apa pun yang memiliki struktur yang mirip atau bagian dari membran sel. Gerakan dari pelarut berlanjut sampai sebuah konsentrasi yang seimbang tercapai di kedua sisi membran.

Reverse osmosis adalah sebuah proses pemaksaan sebuah terlarut dari sebuah daerah konsentrasi terlarut tinggi melalui sebuah membran ke sebuah daerah terlarut rendah dengan menggunakan sebuah tekanan melebihi tekanan osmotik.

Dalam istilah lebih mudah, reverse osmosis adalah mendorong sebuah larutan melalui filter yang menangkap zat terlarut dari satu sisi dan membiarkan pendapatan pelarut murni dari sisi satunya.

Air RO merupakan air yang menggunakan mesin reverse osmosis untuk mendapatkannya.

Indikator Air RO yang baik yaitu yang melalui langkah-langkah mulai dari filtrasi, ultrafiltrasi mesin RO, dan ultraviolet untuk menghasilkan air minum RO.

Air minum RO menghasilkan air yang baik apabila memasukan sepuluh liter air, keluar air bersih empat liter dan keluar air kotor enam liter. Biasanya TDS pada air RO adalah berkisar antara 0 ppm sampai 20 ppm.

Air Minum RO
Flow Proses Air RO

5 Step cara kerja mesin RO:

  1. Sedimen Cartridge / tahap pertama : sedimen 5 mikron, selulosa berperekat resin. Berfungsi untuk menyaring senyawa kimia, partikel padat, dan kotoran yang lebih besar dari 5 mikron. Seperti : karat, pasir, lumpur, bahan mikro, kapur, dll.
  2. Carbon Active Cartridge / tahap kedua : karbon aktif berbutir. Berfungsi untuk menyerap rasa dan bau senyawa organik, termasuk clorin dan benzene.
  3. Carbon Block Cartridge / tahap ketiga : saringan filter jenis carbon block. Berfungsi agar penyaringan bahan bahan kimia, rasa dan bau menjadi lebih sempurna.
  4. Membran Cartridge / tahap keempat : membran berkepadatan 0,0001 mikron. Berfungsi untuk menyaring air dan hanya mengijinkan molekul air untuk lewat. Membuang semua ketidakmurnian dalam air yang berbahaya terhadap kesehatan manusia, seperti : bakteri, logam berat, dan ion-ion.
  5. Post Filter Cartridge / tahap kelima : pasca filter karbon aktif berbulir. Berfungsi untuk memberi rasa yang enak terhadap air yang disimpan.

Kita dapat menambahkan beberapa step lagi sesuai keinginan dan kebutuhan kita, misal : proses pH, ultra violet, dll. Hal tersebut harus ada penambahan alat dan bahan yang menambah harga mesin air RO sedikit lebih mahal.

 

Manfaat

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi air RO. Terutama untuk kesehatan tubuh anda karena terbebas dari mineral berbahaya untuk tubuh.

Air RO merupakan air yang dihasilkan oleh penyaringan mesin air RO. Teknologi ini bisa menghasilkan air yang berkualitas tinggi dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda. Teknologi ini sangat bagus digunakan pada daerah yang kekurangan air minum.

Anda juga bisa menjualnya menjadi bisnis yang menjanjikan. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa air yang dihasilkan oleh mesin air RO aman untuk dikonsumsi.

jual-mesin-air-ro

Selain keuntungan tersebut di atas,  ada beberapa manfaat minum air putih bagi kita salah satunya adalah untuk membantu menurunkan berat badan.

Untuk informasi mengenai mesin air minum RO dapat dibaca DI SINI >>>. Sedangkan untuk harga mesin RO dapat dilihat DI SINI >>>.

Informasi dan pemesanan hubungi kami di nomer telpon: 0821-1106-7801

KLIK DI SINI >>> WA 0821-1106-7801

Atau ikuti Official Account kami :

Website : Filter Air – Mesin Air RO

Instagram : @filterairbekasi

Fans Page : Mesin Air RO – Reverse Osmosis – Filter Air