bisnis-online

Bisnis Online dan Internet Marketing

Berstrategi Saat Jalankan Bisnis Online Digital Dan Internet Marketing

Bisnis online jadi primadona ketika pandemi terjadi. Akses interaksi sosial manusia yang dibatasi agar pandemi segera berakhir, meningkatkan tajam grafik bisnis online. Buat para pelaku bisnis online sekarang semakin ketat persaingannya. Karena banyak pelaku usaha offline yang juga berpindah ke bisnis online.

Berbisnis melalui lapak internet ini menjadikan strategi marketing yang digunakan pun berbeda. Online pun menggunakan marketing daring sebagai media iklannya. Berikut tips pemasaran dalam bisnis online yang cocok untuk anda yang baru merintis bisnis online.

DomaiNesia

1. Strategi Marketing

Apa itu strategi marketing.? Teknik atau taktik yang digunakan perusahaan atau perseorangan untuk menentukan target pasar atau konsumen. Di dalam strategi ada elemen-elemen penting mulai dari produksi, distribusi hingga promosi dan juga harga.

Dalam bisnis online salah satu pencapaian elemen-elemen tersebut dengan digital marketing. Ilmu marketing digital tidak hanya pada pemasaran saja akan tetapi juga rancangan bisnis yang ingin anda bangun agar dikenal oleh orang banyak. Sedangkan internet marketing itu sudah spesifik pada target warganet atau pengguna internet. Dan ini sangat cocok untuk bisnis online.

2. Tips Pasarkan Produk Online Anda

Dalam dunia internet rancangan digital penting dalam menentukan keberhasilan target pemasaran yang anda inginkan. Dan ada beberapa jenis marketing yang bisa dijadikan media memasarkan produk online anda. Diantaranya adalah melalui:

a. Influencer Marketing

Ini banyak dilakukan oleh pebisnis online dari yang pemula sampai profesional. Dengan jasa influencer marketing ini, anda lebih mudah karena sekarang banyak orang yang mengikuti apa yang dikonsumsi atau digunakan oleh idola mereka. Tips memilih influencer yang akan memasarkan produk anda:

  • Pengikut Terbanyak.

Sekarang jumlah pengikut akan berpengaruh terhadap luasnya iklan yang akan menjangkau konsumen. Tapi ini bukan patokan utama dalam memilih seorang influencer untuk memasarkan produk anda.

  • Trade Record.

Attitude ini sangat penting. Seorang influencer akan dilihat dari trade recordnya. Dan jejak digital yang tidak bisa dihapus membuat anda harus mencari seorang influencer dengan jejak digital yang baik.

  • Profesional.

Bukti membangun kepercayaan pembeli dari seorang influencer dia menggunakan produk yang sama. Dan salah satu ciri profesionalnya seorang influencer terhadap memasarkan produk dia berani memakai atau menggunakan produk yang diiklankannya.

b. Content Marketing.

Sekarang salah satu baik atau tidaknya internet marketing dengan menggunakan ilmu marketing digital terlihat dari cara penyampaian konten. Isi dan komposisi konten menentukan produk yang anda iklankan bagus atau tidak. Banyak orang yang tertarik hingga 75% membeli setelah melihat konten iklan anda yang menarik.

  • Buat Sesuai Tren

Ini akan berbeda antara konten tulisan dan video. Jika anda membuat iklan dengan konten tulisan, buatlah dengan model bercerita dan kemudian sisipkan iklan didalamnya. Sedangkan untuk video anda perlu mengupdate apa yang sedang tren sekarang. Beberapa bulan ini media sosial video joged atau latar belakang musik kemudian bercerita sedang tren.

  • Audiens Banget.

Ini perlu karena anda akan menyentuh target pasar tertentu. Dan konten yang anda buat harus merepresentasikan audiens anda. Pilah sesuai dengan pekerjaan, lokasi, kota hingga usia. Jadi konten marketing anda akan sesuai.

  • Repurpose Konten.

Anda masih berpikiran bahwa setiap konten yang anda keluarkan harus baru? Tidak, karena akan boros diproses pembuatan. Baik waktu atau uang. Sedangkan yang penting dalam konten marketing ini konten original. Atau anda diizinkan untuk repurpose konten yang sudah anda buat sebelumnya. Tentu dengan tampilan yang sedikit berbeda.

Itulah beberapa strategi marketing yang bisa anda coba untuk bisnis online anda. Pilih dan rancang strategi digital marketing anda agar menaikkan penjualan produk anda. Baik itu produk jasa, produk fisik ataupun produk digital, contoh salah satu produk jasa kami adalah Tour Wisata Jogja. Mungkin cara tersebut dapat menjadi insight atau referensi atau masukan untuk anda yang ingin memulai usaha melalui bisnis online.

Selamat mencoba..

Bisnis Online