fungsi-media-filter-air

Fungsi Media Filter Air | Pemilihan media filter air, pasir silika, manganese, zeolite, carbon aktif dapat mengatasi air keruh, kuning, berbau, dll. | Kami melayani penggantian dan pemasangan media filter air untuk area Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Cikarang, Karawang dan sekitarnya. | Hubungi: 0821-1106-7801.

KLIK DI SINI >>> WA 0821-1106-7801

Fungsi Media Filter Air

Latar Belakang Pengolahan Air

Kondisi di beberapa daerah di Indonesia belakangan ini diketahui bahwa air sudah tidak lagi jernih. Ada yang airnya kuning dan bau karat akibat dari kandungan besi didalam air tersebut. Ada yang berkerak kuning akibat dari endapan kandungan besi, ada yang berwarna keruh serta keputih–putihan karena kandungan kapur didalamnya. Untuk kasus yang lebih parah ada yang berwarna kehitaman dan berbau akibat dari kandungan mangan di dalam air.

Permasalahan air tersebut sering kali ditemukan di kota-kota besar. Hal ini disebabkan oleh makin banyaknya industri yang melakukan pembangunan tanpa menghiraukan dampaknya. Yang mengakibatkan makin menurunnya ruang terbuka hijau. Dan diperparah lagi dengan sempitnya aliran sungai oleh sedimentasi lumpur dan bahan lainya.

Untuk mendapatkan air yang jernih dengan hasil maksimal pada pengolahan air perlu didukung oleh media filter air yang tepat. Karena media filter arlalah factor yang paling menentukan kualitas air yang ingin diperoleh. Media filter yang tepat akan mampu menghilangkan zat-zat kimia, fisika, biologi (organik) yang ada di dalam air. Seperti air berbau, keruh, kekuningan, berminyak, berkarat, atau berlumpur menjadi lebih baik dan bahkan bisa layak untuk dikonsumsi.

Fungsi Media Filter Air Dalam Pengolahan Air

Karena itu untuk menentukan komposisi media filter tidak sama antara satu tempat dengan tempat lain. Karena setiap tempat tentu memiliki masalah air yang berbeda. Selain itu tujuan hasil penjernihan juga harus diperhatikan apakah untuk minum, rumah tangga atau kebutuhan lain. Sehingga memerlukan penanganan yang berbeda pula.

KLIK >>> INFO PEMASANGAN / PENGGANTIAN MEDIA FILTER

Jenis Dan Fungsi Media Filter Air :

1. Pasir Silika

media-filter-pasir-silika

Pasir Silika sering juga disebut dengan pasir kuarsa adalah media untuk menghilangkan kekeruhan, kandungan lumpur, tanah, partikel kecil dan sedimen pada air. Mempunyai komposisi gabungan dari SiO2, Fe2O3, Al2O3, TiO2, CaO, MgO, dan K2O. Berwarna putih bening atau warna lain bergantung pada senyawa pengotornya.

Biasanya difungsikan sebagai pre-filter untuk diproses pada filter berikutnya. Pada tahap awal sebagai saringan dalam pengolahan air kotor menjadi air bersih. Disusun secara bertahap, mulai dari ukuran yang paling halus sampai dengan ukuran yang kasar. Pengaturan ini dibuat untuk memperkecil hambatan terhadap laju air. Agar tidak ada tekanan balik yang berarti ke pompa umpan penyaring dan tercapainya debit air. Penggunaan pasir silika sampai saat ini dianggap paling efektif dalam penyaringan.

2. Pasir Aktif

media-filter-pasir-aktif

Istilah globalnya actived sand, mempunyai fungsi sebagai pengikat unsur besi / ferrum (Fe), mangan (Mn), serta sulfida dalam air. Pasir aktif berbentuk padat, tahan terhadap tekanan air yang dikeluarkan oleh pompa atau pressure pump. Bisa digunakan sebagai ganti pasir silika.

3. Pasir Manganese

media-filter-pasir-manganese

Pasir Manganese berfungsi untuk menghilangkan kandungan mangan, besi atau hidrogen sulfida. di dalam air minum, air tanah atau air PDAM. Kandungan mangan sendiri kurang baik untuk air karena bisa menyebabkan bau yang tidak sedap. Serta menampilkan lapisan mengkilap seperti dilapisi minyak di permukaan air. Pasir Mangan ini adalah pasir yang dapat bereaksi dengan zat besi, mangan dan hidrogen sulfida di dalam air. Dan membentuk endapan yang kemudian terperangkap dalam media filter melalui oksidasi dan filtrasi. Oleh karena itu, pasir manganese cocok digunakan untuk mengatasi beberapa masalah air sumur seperti air bau karat. Air berlapis minyak, air yang menimbulkan endapan kuning dan hitam di dasar wadah penampungan air, dan air yang berbau. Manganase Greensand Plus adalah pasir manganese yang sudah dilapisi katalis.

4. Carbon Aktif

media-filter-carbon-aktif

Carbon Aktif adalah produk olahan dari arang batok kelapa, kelapa sawit atau batu bara berfungsi untuk penyerap bau, menghilangkan warna kuning dan unsur yang merugikan di dalam kandungan air. Pembuatan karbon ini tanpa pencampuran kimia tertentu sehingga aman digunakan untuk keperluan pemfilteran. Karbon Aktif atau Activated Carbon memiliki daya serap yang tinggi dan mudah menjernihkan air. Karbon aktif memiliki manfaat sebagai penghilang klorin bebas dan senyawa organic. Yang menyebabkan bau, rasa dan warna tidak sedap dan menghisap partikel atau sedimen yang ada di dalam air.

5. Pasir Zeolite

media-filter-pasir-zeolite

Pasir Zeolite memiliki fungsi yang berbeda. Hal ini dikarenakan pasir ini dapat meningkatkan kadar oksigen yang ada dalam air. Memberikan segar dalam air dan menyerap zat kapur ringan dalam air. Mampu menyaring besi namun dalam jumlah tidak banyak. Mampu melepaskan kation dengan mudah sehingga zeolite banyak digunakan untuk melunakkan air. Biasanya selain digunakan untuk kolam air yang terbuka seperti misalnya kolam renang, kolam ikan atau kolam udang. Sering digunakan dalam aquarium dan penjernihan air.

 

Tabung Media Filter FRP 1054

Tabung-media-filter-1054

1. Deskripsi

FRP (Fibreglass Reinforced Plastics) atau yang biasa disebut dengan GRP (Glass Reinforced Plastics) adalah konstruksi material komposit modern untuk peralatan pabrik kimia, air minum seperti tanki atau tabung. Tabung Media Filter FRP Ukuran 10″ 1054 dapat diisi dengan media filter. Seperti pasir silika, karbon aktif, ferrolite, resin, manganese greensand dan lain-lain. Tabung Media Filter jenis ini sangat praktis pemakaiannya. Karenakan sudah dilengkapi dengan kepala FRP atau yang biasa disebut dengan Kran 3 way valve. Kepala Kran 3 way valve jenis ini sudah dilengkapi 3 lubang. Yaitu lubang input ukuran 1″, lubang output ukuran 1″ dan lubang untuk pembuangan / backwash ukuran 1″. Filter ini sudah dilengkapi dengan fasilitas Filter, Backwash dan Fast Rinse. Dimana untuk perpindahannya cukup dengan memutar tuas / ganggang kran kepala tersebut sesuai dengan tujuan pemfilteran.

Tabung Media Filter FRP Ukuran 10″ 1054 ini mempunyai 3 posisi handle yaitu :
1. Filter : Pindahkan posisi handle ke arah ini untuk melakukan pemfilteran air secara normal.
2. Backwash : Pindahkan posisi handle ke arah ini untuk melakukan backwash atau pencucian media ketika sudah kotor atau sudah jenuh agar dapat dipakai kembali.
3. Fast Rinse : Pindahkan posisi handle ke arah ini untuk melakukan pencucian kotoran/kerak yang melekat di dalam saluran pipa atau untuk pencucian saat penggantian media.

 

2. Spesifikasi

– Material : Polyethylene (inside), FRP (outside)
– Warna Tabung : Natural
– Tekanan Kerja : 150 psi
– Suhu Temperatur : ≤50°C
– Ukuran : Dia 261mm x Tinggi 1395mm
– Volume : 63 liter
– Flowrate : 0,6 – 1,5 m3/jam
– Quantity Media Filter : 50 kg
– Opening : Top 2,5″
– In – Out : 1″

 

Proses Pengolahan Air

Banyak kasus air dengan kandungan mangan bila ditambahkan teh maka airnya berubah menjadi biru. Bukan coklat atau kuning seperti warna teh pada umumnya.

Salah satu cara menghilangkan kelebihan zat besi dan mangan dalam air. Yaitu dengan menggabungkan proses aerasi dan penyaringan dengan media filter pasir silika, mangan zeolit dan karbon aktif. Dengan proses ini air sudah dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti: mandi cuci, kakus (MCK).

Bila dilengkapi dengan filter chartridge dan sterilisator Ultra Violet atau dilengkapi dengan pengolahan air RO System. Dapat menghasilkan air yang langsung bisa diminum. Untuk informasi mengenai pengolahan air dengan menggunakan mesin RO dapat di baca di sini >>>

Untuk wilayah Jabodebek dan sekitarnya kami juga melayani penggantian dan pemasangan filter air dan mesin air minum RO undersink dengan dikenakan biaya pasang dan transpotasi.

Kami juga melayani pembuatan Water Treatment Plant dan RO system untuk kantor, rumah sakit, pabrik dll.

Segera hubungi kami untuk informasi:

hubungi-kami

KLIK DI SINI >>> WA 0821-1106-7801

Atau ikuti Official Account kami :

Instagram : @filterairbekasi

Website : www.anekaniaga.com/pengolahan-air

Fans Page : Mesin Air RO – Filter Air

Fungsi Media Filter Air