pupuk-kelapa-sawit

Pupuk Kelapa Sawit NPK HiPro 13-7-10 Tablet

Inovasi Pupuk Sawit NPK HiPro 13-7-10

Pupuk Sawit NPK HiPro 13-7-10 merupakan pupuk majemuk, pupuk untuk kelapa sawit dalam bentuk  tablet. Dirancang untuk memenuhi kebutuhan unsur-unsur hara tanaman kelapa sawit dalam jumlah yang tepat dan segera tersedia bagi tanaman.

Kelapa Sawit

Kelapa sawit adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. (sumber dari : Wikipedia)

Unsur Yang Dibutuhkan Tanaman Kelapa Sawit

Tanaman kelapa sawit membutuhkan beberapa unsur yang paling dominan agar bisa tumbuh dan menghasilkan buah kelapa sawit secara optimal.

Penggunaan jenis pupuk yang dibutuhkan mengacu pada unsur-unsur yang dibutuhan tanaman kelapa sawit itu sendiri. Unsur tersebut terbagi ke dalam tiga golongan yaitu: unsur makro, semi makro dan mikro.

Unsur Makro

Yang dimaksud unsur makro adalah sesuatu yang dibutuhkan banyak oleh tanaman kelapa sawit yaitu unsur Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca).

Masing-masing unsur tersebut bisa diperoleh dari pupuk yang tersedia misalnya pupuk organik ataupun anorganik. Penggunaan pupuk organik ataupun anorganik bisa disesuaikan dengan tingkat ketersediaan unsur hara di dalam tanah.

Apabila suatu tanah mengandung unsur hara dalam jumlah yang sedikit, penggunaan pupuk organik belum dianjurkan namun yang tepat adalah penggunaan pupuk anorganik.

Sebaliknya jika unsur hara yang terkandung di dalam tanah tersedia cukup, maka dapat menggunakan pupuk organik untuk menambah kesuburan tanah.

Semi Makro

Golongan unsur semi makro pada tanaman kelapa sawit ialah unsur Belerang atau Sulfur (S) dan Klorida (Cl).

Sama seperti unsur makro, unsur semi makro ini bisa diperoleh dari penggunaan pupuk organik dan anorganik.

Unsur Mikro

Unsur mikro pada tanaman kelapa sawit adalah Boron (B), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Mangan (Mn), Besi (Fe) dan Molibdenum (Mo). Keenam unsur tersebut dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit dari pada unsur makro dan semi makro sehingga disebut sebagai unsur mikro pada tanaman kelapa sawit.

Jenis Pupuk Untuk Kelapa Sawit

Jenis pupuk yang digunakan pada perkebunan kelapa sawit sangat beragam. Terdapat jenis pupuk tunggal dan pupuk majemuk yang biasa digunakan.

Pupuk Tunggal

Pupuk tunggal adalah pupuk yang mengandung hanya satu jenis unsur saja misalnya pupuk Urea dominan mengandung unsur N, pupuk KCl dominan mengandung unsur K dan seterusnya.

Jenis Pupuk Majemuk

Pupuk majemuk adalah pupuk yang dibuat melalui proses produksi di dalam pabrik yang sengaja dibuat dari campuran beberapa jenis pupuk tunggal.

Pupuk HiPro 13-7-10

Jenis Pupuk NPK HiPro 13-7-10 merupakan pupuk majemuk untuk pembesar buah sawit yang bagus karena mengandung unsur-unsur hara yang lengkap, terutama Nitrogen (N) 13%, Fosfor (P2O5) 7%, dan Kalium (K2O) 10%. Pemakaian pupuk ini dirancang efisien hingga menjadikan harga pupuk sawit murah, satu pohon sawit cukup dengan dosis pemupukan kelapa sawit +/- 2 kg/tahun.

HIPRO merupakan pupuk kelapa sawit terbaik. cara pemupukan kelapa sawit, pupuk HIPRO meresap cepat dan aman melalui permukaaan jaringan atas sehingga tanaman bisa segera memanfaatkan unsur-unsur hara yang dibutuhkannya. Karena melalui bagian atas pohon sawit, tidak dipengaruhi oleh kondisi tanah, baik itu pH, struktur tanah, gulma, maupun banjir. Dan HIPRO tidak dipengaruhi oleh kondisi tanah, sehingga menjadikannya sebagai pupuk sawit lahan gambut ataupun pupuk sawit lahan pasir.

pupuk-kelapa-sawit

Pupuk buah sawit HiPro dikemas dalam plastik terdiri dari 3 buah dengan berat +/- 1 kg. Atau berat per buah +/- 0,35 kg. Untuk informasi, order dan pemesanan dapat dilakukan langsung ke : 0821-1106-7801.

Manfaat Pupuk Sawit NPK HiPro 13-7-10

HiPro merupakan pupuk kelapa sawit terbaik yang bermanfaat untuk memperlancar reaksi biokimia tanaman agar dapat melakukan :

  1. Perbaikan vegetatif tanaman :
    • Pemulihan terhadap pucuk (patah pucuk, pucuk kurus), HiPro merupakan pupuk sawit memperbaiki pucuk.
    • Peremajaan tanaman tua (menumbuhkan lagi pucuk), HiPro merupakan pupuk sawit agar tumbuh pucuk.

2. Perbaikan generatif tanaman :

    • Menormalkan buah pasir / cengkah, HiPro merupakan pupuk sawit agar cepat berbuah.
    • Merangsang munculnya buah betina, HiPro merupakan pupuk sawit agar banyak buah.

3. Peningkatan produktivitas tanaman :

    • Penambahan jumlah TBS baru
    • Penambahan jumlah TBS bisa dipanen
    • Peningkatan BJR
    • Menjadikan produktif pohon yang pada awalnya tidak produktif, HiPro merupakan pupuk sawit untuk meningkatkan produktivitas.

Bagaimana cara Pupuk Sawit NPK HiPro meningkatkan produksi sawit.?

  1. Melalui peningkatan BJR (Berat Janjang Rata-Rata).

  2. Melalui percepatan masa pemasakan buah.
  3. Dengan peningkatan jumlah TBS (Tandan Buah Segar).
  4. Dengan potensi memunculkan bunga betina dari tanaman yang biasanya berbunga jantan.

  5. Memperbaiki tanaman yang terkena defisiensi unsur hara atau gangguan pertumbuhan vegetatif lainnya.

Keunggulan NPK HiPro pupuk sawit tablet :

  1. Mengatasi berbagai permasalahan budidaya kelapa sawit.
  2. Mampu mendongkrak produktivitas sawit dan melipatgandakan keuntungan.
  3. Bisa digunakan untuk melakukan intensifikasi usaha sawit.

  4. Pupuk pembesar buah kelapa sawit sehingga produksi buah lebih tinggi.
  5. Cocok untuk sawit di semua jenis tanah. karena pemakaian pupuk HiPro terletak pada ketiak pelepah 6 s/d 9 sehingga jenis tanah tidak berpengaruh.

  6. Respons sangat cepat. Hal tersebut terjadi karena tempat penyerapan hara dekat ke daun (tempat fotosintesis) dan unsur dalam bentuk siap diserap (tersedia) oleh tanaman.

  7. Effisien. Pemakaian pupuk effisien dikarenakan faktor kehilangan pupuk yang kecil, sehingga unsur hara yang ada dapat terserap lebih baik.
  8. Ramah lingkungan. Hal tersebut terjadi karena faktor kehilangan yang sangat minimal, sehingga polusi terhadap air dan tanah tidak ada. Selain itu tidak mendorong pertumbuhan gulam sehingga pemakaian hebisida sangat minimal.

Untuk informasi dan penjualan hubungi :