Wisata Jogja tempat santai nan santuy yang jadi ikonik wisata di Pulau Jawa. Akan tetapi, sekarang banyak orang yang justru ingin wisatanya spesial. Seperti tempat wisata malam Jogja yang banyak menyajikan kuliner legendaris. Wisata Berkunjung ke lokasi yang belum banyak terjamah oleh wisatawan lainnya di Yogyakarta. Seperti pantai Jogja yang berada di Gunung Kidul yang indah mempesona. Dan berikut adalah beberapa pilihannya.

Wisata Candi

Kalau selama ini yang terkenal adalah dua candi padahal lokasinya sudah ada di pinggiran kota Yogyakarta, yaitu: candi Prambanan dan candi Borobudur. Ternyata di Jogja ada beberapa spot candi yang bisa jadi pilihan anda:

  • Ratu Boko lokasi candi ini indah untuk memandang matahari saat terbenam.
  • Candi Ijo dari sini anda bisa melihat lalu lalang pesawat karena dekat bandara Adi Sucipto.
  • Candi Plaosan letaknya dekat dengan candi Prambanan.
  • Kalasan adalah tempat candi Budha tertua yang ada di Jogja.

Jadi wisata candi bukan hanya dua lokasi yang terkenal saja. Meski lokasi belum begitu terkenal, namun candi-candi tersebut layak untuk dikunjungi. Buat kalian yang tidak terlalu suka keramaian pilihan candi di atas alternatifnya.

Wisata Jogja Seni dan Budaya

Jogja terkenal sebagai kota seni. Dengan pusat kraton menjadikan Jogja sebagai magnet wisata seni dan budaya. Salah satunya adalah Taman Sari dan wisata Jogja kota. Beberapa lokasi wisata seni dan budaya yang ada di Jogja bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi. Tapi beberapa lokasi ini butuh waktu yang tepat karena tidak diselenggarakan setiap saat. Beberapa wisata seni yang perlu dicek kembali penyelenggaraannya, yakni:

  • Prambanan Jazz acara musik festival dengan latar belakang candi Prambanan. Cek websitenya untuk tahu kapan akan diselenggarakan. Jadi bisa menyesuaikan tanggal liburan.
  • Festival Kesenian Yogyakarta adalah acara yang diselenggarakan oleh pemerintah Jogja yang meliputi event seni dan karya seni.
  • Jogja Gamelan Festival anda bisa menikmati acara festival gamelan terbesar di Jogja

Masih banyak acara seni lainnya mulai dari seni pertunjukan, tari sampai seni pameran lukisan. Anda bisa melihat bagaimana seniman Jogja berkarya dan memamerkannya. Silakan cek jadwal penyelenggaraannya. Yang terpenting beberapa acara tersebut diselenggarakan gratis.

Wisata seni dan budaya juga ada beberapa yang terjadwal rutin. Berikut beberapa pilihannya:

  • Sendratari Ramayana ini lokasinya ada di candi Prambanan dan biasanya diselenggarakan pada malam hari. Ini adalah salah satu wisata malam Jogja.
  • Kraton Jogja anda bisa menikmati tarian di hari-hari tertentu dan pentas gamelan.
  • Jemparingan lokasi di wilayah kraton Jogja. Disini anda bisa merasakan sensasi memanah tradisional. Jangan lupa pakai pakaian jawa kebaya atau lurik.

Berwisata di Jogja bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika ingin menikmati pantai Jogja bisa pergi ke Gunung Kidul. Dan jika ingin menikmati wisata gunung yang sejuk, silahkan menuju Utara, ke Gunung Merapi. Untuk menikmati hutan pinus bisa mengunjungi hutan pinus Mangunan dan Puncak Becici. Kalau ingin wisata sungai dari rafting sampai offroad bisa pergi ke Kulonprogo. Dan jangan lupa wisata belanja di kawasan Malioboro.

Melipir Ke Pinggiran Jogja dan sekitarnya Menikmati Wisata Lainnya

Jogja secara geografis berada di tengah-tengah bagian Selatan Jawa Tengah. Banyak destinanasi obyek wisata yang ada di sini. Ketika berkunjung ke Jogja tapi masih ada waktu, anda bisa berkunjung ke beberapa lokasi di sekitar yang wisatanya tidak kalah menarik, di antaranya:

Wisata Bandungan

Cocok untuk anda yang dari Jogja ingin mengakses jalan tol Trans Jawa akan melewati tempat wisata Bandungan. Di sini anda bisa mengunjungi:

  • Kampung Kopi Banaran. Nikmati kopi langsung dari PTPN IX.
  • Candi Gedong Songo berbeda dengan lokasi candi lainnya. Candi ini bisa dinikmati dengan cuaca yang sejuk.
  • Mendaki Gunung Ungaran. Buat yang cinta dengan mendaki gunung, Gunung Ungaran cocok buat para pemula pendaki gunung.

Jadi anda bisa menikmati wisata sepulang atau sebelum wisata ke Jogja dengan jalur darat dari tol Trans Jawa gerbang tol Ungaran atau Bawen.

Kami sarankan anda menggunakan jalur gerbang tol Bawen, karena di sini ada wisata baru yang eksotis dan sedang viral yang bisa anda nikmati sambil bersantai bersama rombongan. Tempat wisata ini namanya Dusun Semilir, yang identik dengan bangunan-bangunan stupa yang eksotis. Orang antri untuk wisata ke Dusun Semilir baca Kompas Travel di sini >>>

Wisata Dieng

Jika ingin sejenak menikmati wisata yang tidak biasa, tidak jauh dari Jogja, Wonosobo pilihannya. Dengan wisata Diengnya anda bisa mengunjungi beberapa lokasi:

  • Wisata kawah Dieng bisa mulai dari Kawah Sakidah, Candradimuka hingga kawah Sileri
  • Wisata Telaga mulai dari Telega Pangilon, Warna hingga Cebong yang asyik untuk menikmati matahari terbit.
  • Gunung Prau ini akan ramai terutama saat penyelenggaraan Jazz Negeri Atas Awan.

Wisata Purwokerto

Jika anda ingin wisata ke Jogja dengan jalur darat dari Jakarta tanpa akses tol bisa mampir buat wisata ke Purwokerto. Lokasi wisata yang menarik antara lain:

  • Sendang Bidadari melihat keindahan air terjun di dalam goa yang ada di kawasan Curug Telu, Purwokerto.
  • Wisata kuliner sepanjang jalan Jogja – Purwokerto mulai dari Sate Bebek Tambak, Mendoan, Sroto, sate Kambal hingga Soto khas Jogja.
  • Baturraden kawasan gunung Slamet yang eksotis patut anda kunjungi saat wisata ke Purwokerto.

Jadi berwisata ke Jogja dan tempat wisata lainnya di Yogyakarta sangatlah menarik. Sudah banyak pilihan destinasi wisata baru dan dibuka untuk umum. Jadi ayo kita berlibur yang menghibur agar kembali kerja dengan semangat baru.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami :

paket-wisata-jogja

Atau ikuti Official Account kami :

Instagram : @ratunya_travel

Youtube Channel : Ratunya Travel

Website : www.ratunyatravel.com

Fans Page : Paket Wisata dan Study Tour Jogja