Desa Wisata Pentingsari

Kota Yogyakarta merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah dan menakjubkan. Destinasi wisatanya mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, sampai ke wisata kuliner. Semua wisata tersebut terdapat di kota Yogyakarta. Selain memiliki banyak tempat wisata, di Kota Yogyakarta saat ini sedang mengembangkan desa wisata. Salah satunya yaitu Desa Wisata Pentingsari yang berada di Kabupaten Sleman.

Desa Wisata Pentingsari merupakan salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta. Tepatnya berada di bawah kaki gunung Merapi, karena berada di bawah kaki gunung Merapi suasana yang ada di desa wisata ini sangatlah sejuk pada siang hari maupun pada sore hari.

Desa wisata ini merupakan salah satu pelopor desa wisata di Yogyakarta. Desa Pentingsari sendiri diresmikan menjadi desa wisata pada 15 Mei 2008. Dengan menawarkan wisata alam dan wisata budaya sebagai daya tarik utamanya. Setiap tahun di Desa Wisata Pentingsari banyak dikunjungi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

Dengan kerjasama antara pemerintah daerah, desa dan seluruh warga menjadikan pembuatan desa wisata ini salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Untuk informasi lengkapnya dapat dibaca di Harian Kedaulatan Rakyat di sini >>>

Lokasi Desa Wisata Pentingsari.

Desa Pentingsari terdiri dari dua dusun yaitu Bonorejo dan Pentingsari. Geografis dusun Pentingsari berbentuk seperti semenanjung. Di mana sebelah barat terdapat lembah yang sangat curam yaitu Kali Kuning. Sebelah selatan terdapat lembah yang berupa Goa Ledok / Ponteng dan Gondoran. Sebelah timur terdapat lembah yang curam yaitu Kali Pawon. Dan sebelah utara merupakan dataran. Yang dapat berhubungan langsung dengan tanah di sekeliling kelurahan Umbulharjo sampai ke pelataran gunung Merapi.

Desa Pentingsari adalah salah satu tempat wisata baru di Jogja. Dikunjungi bukan saja oleh siswa-siswi TK (taman kanak-kanak) sampai SMA, tapi mahasiswa dan karyawan juga banyak yang berkunjung ke sini. Mereka berkunjung ke sini untuk berwisata sambil belajar pertanian, peternakan, perikanan, kesenian dan bersosialisasi (hidup bermasyarakat). Dan tempat ini sekarang menjadi salah satu destinasi karya wisata ke Jogja bagi pelajar dari berbagai kota. Dan juga sebagai tempat untuk company gathering ataupun outbound training.

Pilihan kegiatan yang bisa dipilih:

1. Eksplorasi alam desa:

  • Jelajah desa
  • Susur sungai
  • Tangkap ikan
  • Workshop perkebunan
  • Peternakan
  • Pertanian
  • Bajak sawah
  • Tanam padi

2. Eksplorasi seni budaya

  • Belajar gamelan
  • Tari tradisional
  • Kreasi janur
  • Wayang suket
  • Membatik

3. Kegiatan lainya:

  • Bakti sosial
  • Kenduri
  • Fun game
  • Outbound

Outbound training adalah salah satu kegiatan yang ada di Desa Wisata Pentingsari. Bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka. Dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif. Karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung praktek diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari. Seperti saling percaya, saling memperhatikan, serta sikap proaktif dan komunikatif. Dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

Obyek Wisata di desa Pentingsari:


Berikut ini beberapa lokasi obyek wisata di Desa Wisata Pentingsari yang bisa dikunjungi atau sebagai tempat outbound atau wisata :

1. Pancuran Sendangsari.

Pancuran ini dipercaya oleh masyarakat dusun Pentingsari dan sekitarnya sebagai tempat bertemunya Dewi Nawang Wulan dan Joko Tarup, dalam cerita legenda Joko Tarup. Lokasi ini dengan nuansa keindahan lembah sungai kuning.

2. Luweng.

Luweng merupakan salah satu bukti betapa luasnya perjuangan Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah Belanda di Yogyakarta, Luweng pada saat itu digunakan sebagai tempat masak warga dusun Pentingsari dalam menyediakan konsumsi bagi tentara Pangeran Diponegoro, di samping sebagai tempat persembunyian bila dalam posisi terdesak.

3. Rumah Joglo.

Merupakan rumah adat di DIY dan Jawa Tengah. Letak rumah Joglo di Desa Wisata Pentingsari berada di poros desa. Disamping menampilkan karakteristik keindahan dan budaya, di rumah Joglo ini dapat digunakan sebagai tempat pertemuan, diklat, pentas seni dan budaya.

4. Wisata Alam.

Kondisi lingkungan yang masih sangat alami dengan hembusan udara yang sejuk. Rindangnya berbagai jenis tanaman, riuhnya suara ocehan burung di alam bebas dan ramahnya penduduk desa bisa  dijumpai  di sepanjang jalan dusun Pentingsari. Sementara di sisi yang lain hamparan sawah, berbagai jenis tamanan sayur-sayuran yang sudah dikelola dengan sistem yang baik oleh penduduk, memberi warna keindahan tersendiri bagi Desa Wisata Pentingsari.

5. Batu Dakon.

Batu Dakon yang ada di sini tidak seperti batu dakon pada umumnya yang biasa digunanakan untuk bermain anak-anak. Konon masih ada kaitanya dengan obyek Luweng. Batu ini dipercaya sebagai tempat mengatur strategi perang pada waktu perjuangan mengusir penjajah Belanda.

6. Jalur Traking.

Kondisi alam di Desa Wisata Pentingsari yang diapit oleh Dua Sungai (Sungai Pawon dan Sungai Kuning ) sangat cocok untuk traking. Baik untuk anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Dengan melewati jalur susur sungai, melewati hamparan sawah, naik turun tebing dengan terowongan yang sangat unik dan indah. Melewati ditengah rindangnya berbagai jenis tanaman kehutanan sambil belajar dan berolahraga atau berwisata.

Bagi anda yang berada di Jabodetabek yang hendak melakukan acara study tour, outing class, field trip, outbound training, company gathering dengan tujuan Yogyakarta silahkan hubungi kami. Ada beberapa paket tour menarik untuk anda:

Paket Wisata Jogja

KLIK WA 0821-1106-7801 DI SINI >>>

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.