Hutan Pinus Mangunan dan Puncak Becici Yang Mempesona

Pinus Mangunan – Puncak Becici

pinus-mangunan-puncak-becici

Hutan Pinus Mangunan

Jogja memang kota yang tempat wisatanya tidak habis-habis. Tersebar di daerah Sleman, Gunungkidul, Kulonprogo ataupun Bantul. Kita bisa explore tempat wisata baru di kota ini yang beragam. Nah kali ini kami memilih untuk mengeksplorasi hutan pinus Mangunan – Puncak Becici di daerah Dlingo, Bantul. Butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta menuju Dlingo dengan jalan yang bisa dibilang sudah bagus dan pemandangan alam yang mengagumkan.

Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Cara menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul, Yogyakarta tidak terlalu sulit. Lokasinya berada di bagian selatan Yogyakarta. Cara yang paling mudah adalah dengan menyusuri jalan Imogiri Timur. Dengan menelusuri jalan menuju makam raja Imogiri Bantul.

Sebelum mencapai makam Imogiri Bantul terdapat sebuah pertigaan menuju arah Mangunan. Jalur yang dilalui akan terbelah ke dua tujuan, salah satunya adalah kebun buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul. Akses jalan sudah cukup bagus namun sangat disarankan menggunakan kendaraan tinggi karena medan jalan yang menanjak. Medan jalan cukup terjal dan mendaki. Usahakan dikemudikan oleh orang yang sudah berpengalaman. Pastikan kendaraan diparkir dengan aman dan jangan sekali-kali meninggalkan barang berharga di kendaraan.

Sebelum sampai di Hutan Mangunan, kita melewati beberapa lokasi wisata di Dlingo seperti Rumah Hobbit dan Watu Goyang. Jadi banyak spot yang bisa dilihat kiri dan kanan jalan, karena ada beberapa destinasi wisata yang berjejer sepanjang jalan.

Hutan Pinus Mangunan ini berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Secara administratif kawasan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul ini masih dalam tataran wilayah Imogiri.

Hutan ini konon awalnya merupakan tanah tandus yang tak memiliki kehidupan. Hingga akhirnya mengalami penghijauan dengan ditanami pohon pinus. Kawasan hutan pinus yang indah ini merupakan kawasan yang dikelola oleh pengelola hutan Mangunan.

Waktu favorit untuk datang ke hutan pinus Mangunan adalah pukul 6 – 10 atau pukul 15 – 18 untuk menikmati sunrise. Jika masih banyak waktu tersisa bisa mampir ke tempat wisata lain di sekitar sini. Seperti perkebunan buah Mangunan hingga area makan raja-raja kesultanan Mataram Yogyakarta.

Pesona Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus ini adalah area terbuka yang sangat menawan. Dengan pohon-pohon tinggi yang menjulang akan menjadi pesona tersendiri bagi pasangan untuk melakukan selfie romantis di sini.

Tak heran jika kawasan ini sangat dikenal di sosial media seperti Instagram. Apalagi ditambah dengan dibangunnya panggung terbuka yang bisa digunakan untuk ruang teater, sastra, hingga ruang pertunjukan musik di area terbuka yang sejuk.

Panggung dan bangku-bangku penonton didesain setengah lingkaran. Semua fokus mengarahkan bangku-bangku pada panggung. Bahan bangku dan panggung semua diambil dari kayu pohon yang masih terlihat bentuk aslinya. Inilah yang menjadikan kawasan panggung ruang terbuka Hutan Pinus Mangunan ini menjadi unik dan menarik.

paket-wisata-jogja

Hutan Pinus Mangunan daerah yang sangat tinggi sehingga membentuk seperti kanopi alami. Saat berada di bawah pepohonan hutan pinus ini, berkas cahaya yang masuk akan terlihat sangat indah terutama di saat pagi hari. Tak heran jika Hutan Pinus Mangunan ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta.

Meskipun lokasi wisata ini bebas dikunjungi bukan berarti tanpa aturan. Harap tidak membuang puntung rokok sembarangan karena bara api rokok bisa menyulut kebakaran di Hutan Pinus Mangunan dan Puncak Becici. Buang sampah pada tempatnya dan berlakulah sopan. Jangan membuat coretan-coretan atau tindakan vandalisme di hutan ini.

Di taman wisata hutan Pinus Mangunan ini sudah tersedia fasilitas toilet umum, mushola, dll. Tidak perlu bingung jika sudah masuk waktu salat bagi wisatawan muslim. Karena sudah dibangun mushola kecil untuk menampung para wisatawan yang hendak menjalankan ibadah shalat di area wisata hutan Pinus Mangunan.

Bahkan juga sudah dibangun gardu pandang di atas pohon. Hati-hati dan bersabar utuk antri. Karena kapasitas gardu pandang di hutan Pinus Mangunan ini sangat terbatas. Utamakan keselamatan dan jangan terlalu nafsu ingin mendapatkan spot selfie paling menarik.!!

Informasi Study Tour ke Jogja silahkan KLIK di sini >>>

paket-wisata-jogja

Hutan Pinus Puncak Becici

Tidak jauh dari hutan pinus Mangunan, ada hutan pinus Puncak Becici yang berjarak sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Perjalanan menuju hutan pinus Puncak Becici terbilang menyenangkan dan memanjakan mata. Jalanan yang halus, semilir angin, deretan pohon yang berdiri dengan rapat mampu membuat senang siapa saja yang melewatinya.

Untuk mencapai puncak Becici kamu hanya perlu waktu sekitar 15 menit. Desiran angin yang menggoyangkan ranting-ranting pohon membuat kaki tak merasa lelah. Rimbunnya hutan pinus inilah yang mengakibatkan kamu tidak merasakan beratnya jalan kaki. Selain itu, kamu juga akan menjumpai kursi-kursi panjang dari kayu yang bisa kamu gunakan beristirahat.

Gardu pandang yang dibangun di atas pohon juga menambah nyaman suasana. Selain itu kamu dapat menikmati barisan pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang, bangku dari batang pinus, ayunan kayu, dan juga beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sembari menikmati indahnya hutan pinus. Kamu juga akan menemukan area datar yang bisa digunakan untuk tempat camping. Semakin naik ke puncak, pohon pinus yang kamu temukan akan semakin jarang-jarang letaknya.

outbound-jogja

Puncak Becici ini dikenal dengan panoramanya yang indah. Kamu bisa melihat deretan pepohonan hijau yang tumbuh rapat-rapat dari ketinggian dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tidak hanya itu, jika cuaca sedang cerah kamu akan melihat goresan air yang memanjang lurus, itulah garis pantai selatan.

Puncak Becici ini juga menyuguhkan hal yang spesial ketika sore menjelang. Sinar keemasan mewarnai langit dengan perpaduan gumpalan awan putih, hal ini dikarenakan bukit menghadap ke barat. Momen yang pas ketika kamu berada di atas gardu pandang ketika melihat sunset tiba.

Di Puncak Becici tersedia beberapa gardu pandang. Dapat digunakan untuk melihat keindahan sunset di sore hari. Akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kontak Kami

Bagi anda yang membutuhkan informasi atau sedang merencanakan Outbound, Study Tour, Company Tour, Field Trip, Outing Class, Outbound Training, Family Gathering ke Yogyakarta dapat menghubungi kami : 0821-1106-7801

KLIK DI SINI >>> WA 0821-1106-7801

Atau ikuti kami :

Website : Paket Tour ke Jogja

Instagram : @ratunya_travel

Fans Page : Paket Wisata dan Study Tour Jogja

Pinus Mangunan – Puncak Becici

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.