Mengatasi Air Keruh Bau

Mengatasi air keruh bau dari sumur tanah karena lumpur. Menghilangkan bau besi, berwarna kuning, berminyak menjernihkan dengan penyaring filter air. Hubungi kami : 0821-1106-7801

filter-air-keruh

Masalah air sumur tanah yang sering dijumpai.

Di Indonesia masyarakat masih sangat bergantung pada keberadan air sumur. Namun sayang masih banyak masyarakat yang memiliki masalah dengan air tanah atau sumur. Oleh karena itu, kita akan membahas masalah air tanah atau sumur yang paling sering terjadi beserta tindakan untuk mengatasi masalah air tanah atau sumur tersebut.

Berikut ini adalah beberapa masalah air yang timbul :

1. Masalah Air Keruh.

Air keruh dari sumur tanah merupakan masalah yang paling banyak muncul berkaitan dengan keberadaan air bersih di Indonesia.

Penyebab air keruh di antaranya adalah:

  1. Galian sumur yang kurang dalam,
  2. Kondisi geologis atau struktur tanah yang kurang baik,
  3. Hujan deras atau hujan terus-menerus yang dapat menyebabkan tanah di sekitar sumur menjadi lunak atau berlumpur sehingga berefek terhadap kualitas air sumur.
  4. Kebocoran pipa yang menyebabkan kerusakan pada air sumur.
filter-air-keruh

Cara menjernihkan air keruh pada sumur tanah:

Untuk menjernihkan air keruh, maka solusi yang paling tepat adalah dengan menggunakan Filter Air Pasir Silika. Filter Air ini tahan lama/memiliki durabilitas yang tinggi jika dilakukan perawatan yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan saringan sekurang-kurangnya satu minggu sekali dengan menggunakan backwash. Sementara, jika air keruh sudah tidak bisa diatasi dengan backwash bisa melakukan penggantian media pasir silika.

2. Air bau tidak sedap, besi, lumpur.

Air sumur yang memiliki aroma tak menyenangkan disebabkan oleh faktor bakteri dan kadar H2S yang tinggi. Faktor tersebut umumnya terjadi apabila sumber air atau sumur dibuat terlalu dekat dengan septic tank atau tempat pembuangan kotoran. Hal ini mungkin terjadi karena kesalahan teknis atau human error atau bisa jadi karena penurunan kualitas dari struktur tanah. Selain itu, air berbau juga bisa  karena kesalahan pembuatan sumur serapan atau terdapat tanaman yang tertimbun pada lapisan tanah jauh sebelum sumur dibuat, dan bisa saja dulunya daerah tersebut bekas sawah, rawa, atau hutan.

cara-menghilangkan-bau-air

Cara menghilangkan bau air sumur yang tidak sedap:

Umumnya menghilangkan air berbau menggunakan saringan pasir silika. Jika tidak mampu, kami menyarankan untuk menguji kadar H2S (hydrogensulfida), besi dan juga mangan yang terkandung dalam air. Jika kadar H2S tinggi, tapi besi dan mangan rendah, maka kami menyarankan untuk menggunakan filter air media silika dan filter air media karbon.

3. Masalah air sumur kuning.

Air yang pada awalnya jernih tapi setelah beberapa saat muncul endapan kuning atau hitam.

Kandungan besi dan mangan dalam air sebenarnya tidak akan mempengaruhi warna, bau dan rasa dari air itu sendiri. Namun jika kandungan tersebut sangat tinggi, maka air jernih yang telah tertampung selama beberapa saat tersebut akan memunculkan endapan berwarna kuning, merah, merah kecoklatan bahkan hitam.

Hal ini dapat terjadi karena air yang tertampung tersebut sudah bercampur dengan udara (oksidasi). Sehingga jika kandungan besi yang terlarut dalam air itu tinggi. Maka ia akan berubah menjadi butir-butir karat yang akhirnya mengendap di dasar wadah.

Cara mengatasi air kuning pada sumur tanah (air yang pada awalnya masih jernih):

Untuk kebutuhan mandi dan mencuci (MCK), maka Anda bisa memilih filter air dengan media manganese. Pasir manganese sebagai inti bahan dari filter ini dapat menyerap kandungan besi dengan efektif.

Namun Anda perlu rutin membersihkan pasir manganese bila sudah terlihat kotor. Pembersihan bisa dengan melakukan backwash atau menggunakan pengaktif mangan dan cairan KMNO4. Lamanya pembersihan tergantung kadar besi dan kadar mangan serta logam lain dalam air yang mengalami penyaringan.

Tetapi jika air dari awal sudah terlihat keruh, maka dapat dilakukan penyaringan awal dengan media pasir silika. Pasir silika bisa juga untuk menyaring kotoran yang tidak larut (yang menyebabkan kekeruhan pada air).

4. Air keruh berwarna kuning dan dipermukaan air sumur berminyak.

Jika masalah pada air sumur tidak hanya keruh namun terlihat agak berwarna kuning. Maka penyebab permasalahannya tidak sekadar karena air hujan atau struktur tanah yang kurang baik. Faktor itu bisa karena terdapatnya kadar besi yang tinggi dan terlarut di dalam air. Permasalahan tersebut bisa berasal dari lapisan dalam pipa besi yang berfungsi sebagai penghubung yang terlarut di dalam air. Peristiwa ini bisa terjadi karena pH air yang rendah sehingga dapat melarutkan logam besi.

Sementara, lapisan minyak yang terlihat pada air menandakan terdapatnya aktifitas bakteri pemakan besi (Crenothrix, Lepothrix, Galleanella, Sinderocapsa dan Sphoerothylus) yang masif. Terlebih jika kadar CO2 yang juga terbilang tinggi, maka aktivitas bakteri tersebut akan menjadi semakin aktif.

Cara mengatasi air sumur keruh, kuning dan berminyak.

Untuk kondisi air tersebut memerlukan dua tahap proses, yaitu:

  1. Air yang keruh dapat solusinya adalah Filter Air dengan media pasir silika.
  2. Air yang sudah jernih akan masuk ke tabung Filter Air media manganese yang dapat menyerap besi (Fe) dari air sehingga air tetap jernih.

Untuk informasi Harga Filter Air dan pemasangannya dapat di lihat di sini >>> KLIK.

5. Air Berkapur dan Kesadahan Tinggi

Efek Air sadah (air berkapur, air tinggi kadar kalsium) tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan beberapa masalah:

  1. Air sadah dapat menyebabkan pengendapan mineral, yang menyumbat saluran pipa dan keran.
  2. Dapat menyebabkan pemborosan sabun.
  3. Air sadah yang bercampur sabun tidak dapat menghasilkan busa, tetapi malah membentuk gumpalan soap scum(sampah sabun) yang sukar hilang. Efek ini timbul karena ion 2+ menghancurkan sifat surfaktan dari sabun dengan membentuk endapan padat (sampah sabun tersebut) – sumber Wikipedia.

Cara Mengatasi Air Berkapur dan Kesadahan Tinggi

Proses penghilangan kesadahan air yang sering dilakukan pada industri-industri adalah melalui penyaringan dengan menggunakan zat-zat sebagai berikut:

1. Mengatasi Kesadahan Dengan Menggunakan Resin Pengikat Kation dan Anion (untuk industri).

Resin adalah zat polimer alami ataupun sintetik yang salah satu fungsinya adalah dapat mengikat kation dan anion tertentu. Secara teknis, air sadah dilewatkan melalui suatu wadah yang berisi resin pengikat kation dan anion, sehingga harapannya kation Ca2+ dan Mg2+ dapat diikat oleh resin. Dengan demikian, air tersebut akan terbebas dari kesadahan.

2. Mengatasi Masalah Kapur dengan Filter Zeolit (untuk rumah tangga).

Zeolit mempunyai struktur tiga dimensi dengan pori-pori yang dapat dilewati oleh air. Ion Ca2+ dan Mg2+akan ditukar dengan ion Na+ dan K+ dari zeolit, sehingga air tersebut terbebas dari kesadahan.

Untuk menghilangkan kesadahan sementara ataupun kesadahan tetap pada air yang digunakan di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan zeolit. Anda cukup menyediakan tong yang dapat menampung zeolit. Dengan terlebih dulu dibuat keran pada dasar tong yang digunakan. Air yang akan anda gunakan dialirkan melewati zeolit terlebih dahulu. Air yang telah dialirkan melewati zeolit dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga, seperti mencuci, mandi dan keperluan memasak.

Zeolit memiliki kapasitas tertentu untuk menukarkan ion, artinya anda tidak dapat menggunakan zeolit yang sama selamanya. Sehingga pada rentang waktu tertentu anda harus melakukan penggantian. 

6. Masalah Air PDAM Berbau Kaporit

Kaporit (Kalsium Hipoklorit) atau  klorin merupakan senyawa kimia yang dipergunakan sebagai zat disinfektan pada air. Kaporit pada pelanggan PDAM sering jadi keluhan karena baunya yang cukup menyengat. Hal ini  karena kaporit yang lambat untuk terlarut dalam air. Diperlukan beberapa waktu untuk menghilangkan bau kaporit menjadi netral.

Solusi mengurangi bau dan rasa klorit dan kaporit

Jika bau kaporit tercium menyengat, maka solusi umumnya adalah membiarkan beberapa saat agar bau kaporit benar-benar hilang atau terlarut di dalam air sebelum penggunaan.

Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk menunggu, sementara untuk kebutuhan lain seperti mandi dan mencuci sudah mendesak, maka Filter Air dengan media pasir karbon atau karbon aktif dapat menjadi pilihan yang efektif untuk menghilangkan bau kaporit dalam waktu singkat.

Untuk informasi dan pemasangan Filter Air silahkan hubungi kami di nomer 0821-1106-7801

Atau ikuti Official Account kami :

Instagram : @filterairbekasi

Website : www.anekaniaga.com/pengolahan-air

Fans Page : Mesin Air RO – Filter Air