Wisata air panas Guci Tegal

Wisata air panas Guci Tegal menjadi tujuan perjalanan kami pada liburan tahun ini. Tempat ini menjadi salah satu obyek wisata yang layak dikunjungi jika sedang melakukan perjalanan wisata ke Tegal dan sekitarnya.

Jalur Menuju Ke Obyek Wisata air panas Guci Tegal.

obyek-wisata-air-panas-guci-tegal
Obyek Wisata air panas Guci Tegal
(image via kumparan.com)

Terletak di ketinggian kurang lebih 1.050 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut daerah ini dikategorikan sebagai daerah yang cukup tinggi. Tidaklah mengherankan, tubuh kita dengan segera diterpa hawa dingin khas pegunungan begitu tiba di destinasi yang berada di desa Guci, kecamatan Bumijaya, Kabupaten Tegal ini. Daerah ini berjarak 30 km dari Slawi, Jawa Tengah dan berada tepat di bawah kaki Gunung Slamet. Sebuah gunung yang merupakan tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah gunung Semeru.

Untuk menuju ke tempat wisata ini dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Dari Tegal atau tol Trans Jawa keluar menuju ke arah Purwokerto. Setelah melewati pusat kota Slawi, anda akan tiba di daerah Kecamatan  Lebaksiu dan nantinya akan ketemu pertigaan Yomani. Jarak dari Tegal sampai ke pertigaan ini sekitar 15 km. Pada pertigaan Yomani ini terdapat tanda penunjuk jalan ke arah Guci. Jarak dari pertigaan tersebut sekitar 25 km.

Jika menggunakan kendaraan umum dari Slawi, naik saja mini bis jurusan Bumi Jawa. Setelah sekitar 30 menit menempuh perjalanan, anda akan sampai di di Desa Tuwel. Dari sana anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan bak terbuka menuju terminal obyek wisata Guci.

Dalam perjalanan menuju Guci anda akan disuguhi dengan pemandangan yang indah. Hamparan kebun buah strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus akan memanjakan mata kita. Begitu tiba di Guci, hawa sejuk dan segar segera akan terasa.  Di sana kita bisa memanjakan diri dengan mandi di pemandian air panas.

Pemandian di Wisata Air Panas Guci

pemandian-wisata-air-panas-guci-tegal
Pemandian Wisata air panas Guci Tegal
(image via penginapan.net)

Sebenarnya pemandian pemandian air hangat Guci resmi dibuka pada tahun 1974. Asal usul tempat pemandian air panas Guci dimulai dari beberapa pihak melakukan penelitian terlebih dahulu terkait keberadaan sumber air baru di wilayah mereka. Setelah memang terbukti aman, barulah pada tahun 2015 pemandian Guci dibuka bagi umum.

Pada awalnya sebelum populer seperti sekarang, hanya masyarakat sekitar memanfaatkan manfaat keberadaan pemandian tersebut, itu pun dulu belum ada pancuran-pancuran seperti sekarang, beberapa pengunjung masih menggunakan sumber air panas berada di di bawah gua. Ditempat itulah pada akhirnya dibangun pancuran-pancuran.

Ada beberapa pemandian air panas umum yang dikelola oleh Pemda setempat, yaitu pancuran 13, pancuran 7, pancuran 5, dll. Tidak seperti air panas di tempat lain yang mengandung belerang. Selain berendam di pemandian, pengunjung juga dapat berendam di sungai yang mengalir di tengah wana wisata itu. Air sungai tersebut juga air panas yang memiliki kandungan sama dengan kolam sebab sumber airnya sama.

Ketika pertama kali menyentuh airnya, anda akan langsung terasa panas. Tetapi, lambat laun, kulit akan beradaptasi dengan panasnya air sehingga berubah menjadi terasa hangat.  Dan suasana relaksasi pun akan tercipta dengan segera.

Untuk berendam di pemandian air panas Guci yang dikelola Pemda sangat murah. Tarif untuk hari biasa : Dewasa : Rp.5.000,- dan anak-anak : Rp.4.500,- (+ asuransi). Sedangkan hari libur : Dewasa : Rp. 7.000,- dan anak-anak : Rp.6.500,- (+ asuransi). Catatan : harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Selain itu beberapa pihak swasta juga membuat pemandian air panas yang dilengkapi dengan fasilitas Waterpark seperti : Guciku Hot Waterboom, Sankitaria Waterpark, dll. Dengan harga tiket berkisar antara Rp. 15.000,- sampai Rp. 40.000,- di hari biasa. Sedangkan di hari libur berkisar antara Rp. 20.000,- sampai Rp. 50.000,- per orang.

Fasilitas dan wahana wisata air panas Guci.

Selain pemandian air panas, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas. Seperti: wisata hutan pinus, spot-spot foto yang instagramable, lapangan tenis, lapangan sepakbola, hotel, villa, bumi perkemahan, berkuda, wahana permainan dan wisata yang dikelola baik oleh Pemda setempat ataupun swasta.

Ada banyak hal menarik yang bisa dikunjungi maupun lakukan di objek wisata Guci Tegal ini. Mulai dari kegiatan seperti bermain air di water boom mini, berendam air panas menyehatkan, menaiki kuda sewaan, berwisata di wahana-wahana yang menguji nyali dan instagramable, outbound, sampai menikmati air terjun.

Curug Kembar di Guci Tegal.

curug-kembar-di-guci-tegal
Curug Kembar di Guci Tegal
(Image via wisatategal.com)

Letak Curug Kembar ini ada di dekat Guciku Hot Waterboom. Untuk mencapai lokasi, pengunjung mesti berjalan di jalanan menurun yang agak curam. Perlu sedikit berhati-hati karena jalan yang cukup licin. Setelah berjalan beberapa meter melewati sawah, pengunjung sudah bisa mencapai curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini.

Suhu dari air yang ada di curug ini hangat. Posisinya yang cukup tersembunyi, membuat tempat ini cocok bagi pengunjung  yang menyukai suasana yang hening. Yang terdengar hanyalah suara air terjun. Jika kabut turun, lokasi ini juga tidak lepas dari serbuan kabut. Sehingga pastikan mencari momen yang tepat atau cuaca yang bersahabat untuk mengunjungi Curug Kembar ini.

Penginapan di Wisata air panas Guci.

Hotel-di-Guci-Tegal
Hotel di Guci Tegal. Image via traveloka

Bagi anda yang ingin menginap di Guci Tegal tidak perlu kuatir, karena di sini banyak hote, prnginapan, villa yang dikelola oleh perusahaan swasta atau perorangan. Penginapan dan hotel bisa ditemui sampai sekitar 5 kilometer dari area pemandian.

Tarif penginapan atau hotel yang berada di sini berkisar antara Rp. 100.000,- sampai Rp. 1.500.000,- / kamar tergantung dari hotel dan fasilitas yang ditawarkan. Untuk menghemat pengeluaran, anda yang berwisata bersama keluarga dapat menyewa villa yang dikelola oleh penduduk setempat karena dapat lebih murah 1/2 bahkan lebih dibandingkan dengan villa yang dikelola oleh perusahaan swasta. Tarif untuk 2 kamar sekitar Rp. 250.000,- sampai Rp. 500.000,- tergantung lokasi, fasilitas yang diberikan dan hari waktu anda menginap. Apakah hari biasa, libur biasa atau hari libur nasional dan hari raya.

Wahana-wahana menarik.

Pengelola Guci Tegal menambah wahana baru yang membuat obyek wisata ini semakin menarik.

sepeda-gantung-di-wisata-air-panas-guci-tegal
Sepeda Gantung di Wisata air panas Guci Tegal
(image via suaramerdeka.com)

Dan yang paling baru adalah Kereta Gantung. Kereta gantung tersebut digerakkan oleh tenaga listrik dengan panjang lintasan 250 meter. Wisatawan yang ingin naik, berangkat dari stasiun 1 ke stasiun 2 lalu kembali lagi ke stasiun 1. Sehingga total lintasan yang dilalui adalah sepanjang 500 meter. Wahana kereta gantung ini ditarif Rp. 20.000,- per orang.

kereta-gantung-di-wisata-air-panas-guci-tegal
Kereta Gantung di WisataGuci Tegal
(image via jateng.tribunnews.com)

Selain itu terdapat beberapa wahana baru yang dibangun dan dikelola oleh swasta di dalam kawasan wisata Guci Tegal. Salah satunya adalah tempat yang instagramable untuk swafoto atau selfi. Untuk masuk ke sana dikenakan tarif Rp. 10.000,- per orang. Dengan tarif tersebut pengunjung dapat menikmati pemandangan Guci dari tempat tertinggi sambil berfoto di balon udara, atau tempat-2 lainnya. Karena memang banyak spot foto menarik di sini. Silahkan klik di sini untuk membaca testimoni tentang wahana ini dari koran Radar Tegal.

balon-udara-di-guci-tegal
Spot Foto Balon Udara di Guci Tegal
(image via infotegal.com)
ayunan-di-guci-tegal
Ayunan di udara Guci Tegal
(image via infotegal.com)

Sebagai informasi mengenai tempat makan banyak tersedia di sana. Di sekitar obyek wisata, penginapan atau sepanjang jalan di dalam kawasan wisata. Jadi jangan kuatir jika sewaktu-waktu anda merasa lapar. Selain itu banyak sekali ragam pilihan oleh-oleh dan penganan khas yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Misalnya manisan pepaya, manisan buah ceremai, buah-buahan segar, sayur-sayuran segar dan lain-lain. Anda dapat membelinya di pasar atau terminal obyek wisata Guci Tegal.

Demikianlah informasi mengenai obyek wisata Guci Tegal. Semoga bermanfaat dan dapat membantu untuk anda yang ingin berlibur ke obyek wisata Guci Tegal.

Bagi anda yang akan pergi bersama rombongan, study tour, outing class, field trip, dll dapat menghubungi kami : KLIK >> VIA WA 0821-1106-7801 atau Paket Wisata Jogja

Obyek Wisata Guci Tegal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.